REDIRECT...

11 Juni 2010

PSB

PENGUMUMAN


PENERIMAAN SISWA BARU ( PSB )

TAHUNPELAJARAN 2010/2011

A. U M U M

Dasar

1. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 051/U/2002, tanggal, 10 April 2002, tentang Penerimaan Siswa Baru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah.

2. Surat Edaran Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah Nomor : 2705/C/TU/2004, Tentang Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2004/2005.

3. Peraturan Menteri Pendidikan nomor : 15 tahun 2009, tentang Ujian Sekolah/ Madrasah Tahun Pelajaran 2010/2011.

4. Keputusan Gubernur Aceh Nomor : 420.5/01/2011 Tanggal 5 Januari 2010 Tentang Pembentukan Panitia Penyelenggaraan Ujian Nasional Dan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional Tingkat Provinsi Aceh Tahun Pelajaran 2009/2010.

5. Surat Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Aceh nomor : 422.1/C.1/826/2010 tanggal 18 Februari 2010 tentang petunjuk pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB) tahun pelajarn 2010/2011

6. Surat Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kota Subulussalam nomor : 422.1/766/2010. tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru (PSB) Tahun Pelajaran 2010/2011.

B. JADWAL PENDAFTARAN

1. Pendaftaran/Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahunpelajaran 2010/2011 dilaksanakan pada tanggal 21 s.d 29 Juni 2010.

C. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN.

1. Calon siswa berusia setinggi-tingginya 21 tahun, pada awal tahun Pelajaran Baru

2. Mengisi formulir yang telah disediakan Panitia Penerimaan siswa Baru (PSB) SMAN Unggul Subulussalam tahun Pelajaran 2010/2011.

3. Prosedur penyerahan berkas,

a. Formulir pendaftaran telah diisi lengkap :

è Rekapitulasi Nilai Rapor

è Rekapitulasi Prestasi Akademik

è Rekapitulasi Prestasi Akademik Nonakademik yang telah diisi lengkap.

b. 1 set foto copy Rapor Smt. I s/d V yang telah dilegalisasi.

c. Foto copy piagam/ penghargaan Akademik dan Nonakademik yang telah dilegalisasi kepala sekolah asal.

d. 1 Lembar foto copy ijazah yang telah dilegalisasi (menyusul)

e. Asli dan foto copy SKHU yang telah dilegalisasi sebanyak 1 lembar.

f. Pas poto hitam putih ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar

4. Semua berkas dimasukkan kedalam Map :

a. Laki – laki : Warna merah

b. Perempaun : Warna Biru

Pada bagian depan map ditulis :\

- No. Pendaftaran : ……( diisi oleh Panitia PSB )

- N a m a :……………………………………

- Tempat / Tgl. Lahir :……………………………………

- Asal sekolah :……………………………………

- No. Telp/ HP : …………………………………...

D. JADWAL KEGIATAN SELEKSI

NO

TANGGAL

KEGIATAN

1.

30 Juni 2010

Tes kemampuan akademik :

Ø Bahasa Indonesia

Ø Bahasa Inggris

Ø Matematika

Ø IPA

2.

01 Juli 2010

Tes Scholatik wawancara

3.

02 Juli 2010

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

4.

03 Juli 2010

PENDAFTARAN ULANG

5.

12 Juli 2010

Hari – hari awal Tahun Pelajaran 2010/2011

7

TIM OSP KOTA SUBULUSSALAM


Ini adalah foto tim OSP Kota subulussalam beserta pendampingnya yang kemaren baru saja bertanding di tingkat propinsi tanggal 1 - 3 Juni di kota Banda aceh tepatnya di SMAN 4 Banda Aceh

23 Mei 2010

Kisi-kisi Materi Olimpiade Astronomi

A. Teori
I. Hukum Kepler dan Gravitasi Nowton
1. Dapat menjelaskan tentang bentuk orbit dan gerak benda langit dalam orbit
2. Hubungan periode orbit dan jarak benda langit terhadap titik pusat massa.
3. Dapat menjelaskan tentang gerak benda langit melalui interaksi gaya tarik
menarik Newton
4. Dapat menjelaskan tentang hukum kekekalan energi
5. Dapat menurunkan gaya pasang surut dan keterkaitannya dengan fase bulan
(misalnya bulan purnama, bulan mati dsb)
6. Bisa mengaplikasikan hukum Neton pada gerak dan lintasan planet, asteroid,
komet dan satelit buatan
7. Memahami masalah tiga benda terbatas dan fenomena keberadaan titik
Lagrange dan deskripsi permasalahannya
II. Konsep dasar segitiga bola dan Tata Koordinat Astronomi
1. Mengenal persaratan segitiga pada permukaan bola (segitiga bola)
2. Dapat membedakan persaratan segitiga bidang datar dan segitiga bola.
3. Mengenal konsep bola langit, lingkaran besar, lingkaran kecil
4. Mengenal sistem koordinat geografis dalam bola Bumi (lintang dan bujur
sebuah tempat)
5. Dapat menjelaskan secara kualitatif sistem koordinat horizontal ( defenisi
horizon, tinggi, azimuth, titik Utara, Timur, Selatan dan Barat , titik terbit dan
terbenam dsb)
6. Dapat menjelaskan secara kualitatif sistem koordinat equatorial (defenisi
ekuator langit, asensiorekta, deklinasi, titik kutub langit, titik Aries dsb)
7. Dapat menjelaskan secara kualitatif sistem koordinat ekliptika ( defenisi
ekliptika, bujur dan lintang ekliptika, titik kutub ekliptika, titik Aries dsb
III. Sistem Waktu
1. Dapat memahami dan mengerti konsep waktu matahari (waktu surya)
1. Dapat memahami dan mengerti konsep waktu bintang (waktu sideris)
2. Dapat memahami dan mengerti konsep waktu standard (waktu lokal)
3. Damat memahami sistem kalender (kalendar Yinani dan Romawai Kuno,
kalender, kalender Gregorian dan kalender Hijriah)
IV. Matahari dan Tatasurya
1. Dapat menjelaskan alasan matahari menjadi pusat gaya sentral anggota tata
surya
2. Dapat menjelaskan Matahari sebagai sumber energi radiasi dalam tatasurya
3. Dapat menjelaskan secara kualitatif teori pembentukan tata surya (misalnya
teori Laplace dan Kant dsb
4. Mengenal fisik komponen anggota tatasurya (Planet, Komet, Asteroid,
Meteor, Materi antar Planet)
5. Memahami susunan dan pergerakan anggota tatasurya
6. Memahami sistem Bumi-Bulan (periode sinodis dan sideris Bulan, fase-fase
Bulan, proses gerhana Bulan dan Matahari)
7. Memahami fenomena alam bersifat astronomis (aurora, hujan meteor, dll)
V. Hukum Radiasi,
1. Memahami hukum-hukum Pancaran (Teori Benda Hitam, Fungsi Planck,
Hukum Wien) dan mengenal besaran-besaran jumlah energi seperti intensitas
spesifik, fluks dan luminositas.
2. Menerapkan hukum-hukum pancaran pada bintang dan benda langit lainnya.
3. Dapat menjelaskan pengaruh jarak terhadap kuat cahaya
2
VI. Besaran Dasar dan mendasar dalam Astronomi dan Astrofisika
1. Memahami penentuan besaran fisis dan geometri (massa, temperatur,
luminositas, radius, jarak) Matahari
2. Memahami konsep penentuan jarak dan radius bintang
VII. Fotometri Bintang
1. Memahami penentuan skala terang bintang (sistem magnitudo)
2. Hubungan magnitudo dan jarak bintang (Hukum Pogson)
3. Memahami penentuan indeks warna bintang dan hubungannya dengan
temperatur permukaan bintang
4. Memahami hubungan antara luminositas dengan temperatur/indeks warna
bintang (Diagram Hertzprung-Russel)
5. Memahami masalah magnitudo bolometrik dan koreksi bolometrik
6. Memahami konsep pemerahan bintang oleh materi antar bintang
VIII. Spektroskopi Bintang dan Gerak Bintang
1. Memahami konsep pembentukan spektrum
2. Memahami konsep pembentukan spektrum bintang
3. Memahami konsep pengklasifikasian spektrum dan luminositas bintang
4. Menentukan gerak bintang berdasarkan pergeseran garis spektrumnnya (efek
Doppler)
5. Memahami konsep gerak diri (proper motion) dan hubungannya dengan
gerak tangensial bintang
6. Diagram HR berdasarkan kelas spektrum dan luminositas
IX. Evolusi Bintang
1. Memahami atmosfer dan struktur dalamnya bintang
2. Mengenal teori pembangkit energi dalam bintang
3. Memahami dan mengerti proses evolusi awal bintang (kelahiran bintang)
4. Memahami dan mengerti proses evolusi di deret utama
5. Memahami dan mengerti proses evolusi setelah deret utama
6. Akhir riwayat sebuah bintang (katai putih, supernova, bintang neutron,
lubang hitam)
X. Galaksi Bimasakti dan Ektragalaksi
1. Dapat menjelaskan kedudukan dan gerak matahari di dalam galaksi Bima
Sakti.
2. Mengenal struktur galaksi (Piringan/Disk, Bulge, Halo, Lengan Spiral dsb)
3. Mengenal komponen galaksi (materi antar bintang, bintang muda, bintang
tua, populasi bintang, dsb)
4. Memahami gerak rotasi dan penentuan massa galaksi
5. Dapat menjelaskan ragam galaksi (spiral, eliptikal dan iregular)
IX. Kosmologi
1. Pengenalan dan motivasi studi alam semesta secara keseluruhan dan
evolusinya
2. Memahami penentuan harga parameter-parameter kosmologi via estimasi
jarak, estimasi konstituen alam semesta, estimasi umur alam semesta, dll.
3. Mengenal metode uji model kosmologi (seperti penentuan umur alam semesta
yang tak bergantung model, dll), dan juga permasalahan dalam model
kosmologi standar serta ide-ide penyelesaiannya (misal: skenario inflasi).
4. Memberikan gambaran besar tentang proses evolusi struktur skala besar.
5. Dapat menjelaskan asal mula terbentuknya jagad raya berdasarkan teori Big
Bang.
3
B. Praktek
I. Pengamatan dengan Mata Bugil
a. Mengenal Rasi Bintang
b. Mengenal Bintang Terang
c. Mengenal Planet Tampak
d. Mengenal Ekliptika dan kutub Ekliptika
e. Mengenal Ekuator Galaksi Bimasakti,
f. Mengenal Ekuator Langit
II. Pengamatan Virtual (dalam hal cuaca tidak memungkinkan untuk
pengamatan langsung)
a. Menganal Rasi Bintang
b. Mengenal Bintang Terang
c. Mengenal Planet Tampak
d. Mengenal Ekliptika dan kutub Ekliptika
e. Mengenal Ekuator Galaksi Bimasakti,
f. Mengenal Ekuator Langit
Pengamatan dengan Teleskop dan detektor Astronomi
a. Mengenal komponen-komponen teleskop dan detektornya
b. Menjalankan dan mengarahkan teleskop
c. Merekam dan mengolah data/citra
d. Mengenal cara menganalisis data
Bandung, 17 Februari 2009
Tim Pembina Olimpiade Astronomi

20 Mei 2010

Soal Pendapatan Nasional (Ekonomi)

1. Cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang penerapan teori ekonomi dalam suatu rumah tangga produksi adalah.....
a.ekonomi deksriprif
b.ekonomi terapan
c.Teori ekonomi
d.ekonomi mikro
e.ekonomi makro
2.Dalam teori ekonomi mikro,pembahasan tentang faktor-faktor yang menentukan tingkat upah tenaga kerja,tingkat bunga yang harus dibayar karena penggunaan modal, dan tingkat keuntungan yang diperoleh para pengusaha berada pada......
a.teori produksi
b.teori konsumsi
c.teori harga
d.teori distribusi
e.teori produksi
3.Berikut ini yang merupakan sektor usaha yang paling banyak digeluti penduduk negara berkembang adalah....
a.pertanian b.jasa c.peternakan
d.manufaktur e.perdagangan
4.Dibawah ini yang merupakan pelaksanaan fungsi pemerintah dalam lingkup minimal adalah....
a.penyedian fasilitas pendidikan
b.pendistribusian pendapatan
c.peningkatan kinerja UMKM
d.perlindungan terhadap kaum miskin
e.pengaturan suku bunga
5.Berikut ini yang merupakan permasalahan yang sering dihadapi negara berkembang,kecuali.....
a.rendahnya standar hidup
b.tingginya tingkat buta huruf
c.perlambatan pertumbuhan ekonomi
d.bertambahnya pengangguran
e.tingginya tingkat ketergantungan
6.Pertanyaan yang muncul tentang ekonomi mikro adalah....
a.siapa,bagaimana,berapa
b.apa,siapa,bagaimana
c.bagaimana,untuk siapa,berapa
d.untuk siapa,bagaimana,apa
e.apa,bagaimana,kemana
7.Dibawah ini yang merupakan rumus pendapatan nasional dengan metode pengeluaran adalah....
a. C+Y+I+(X+M) b. C+I+G+(X+M) c. C+W+G-(X-M)
d. C+I+G+(X-M) e. C+I-G-(X-M)
8. Perhitungan pendapatan nasional dengan cara menjumlahkan seluruh pengeluaran untuk membeli barang dan jasa merupakan ciri...
a.pendekatan pendapatan
b.pendekatan produksi
c. Pendekatan pengeluaran
d. Pendekatan terapan
e. Pendekatan hasil
9.Pendapatan perseorangan dikurangi dengan pajak langsung adalah...
a. Natonal income
b. Disposible income
c. Personal income
d. Gross national product
e. National income
10.Negara x th 2008 mempunyai data sbb:
-Laba tak dibagi Rp.360.000
-Pajak langsung Rp.60.000
-Penyusutan Rp.4.000
-Pajak tidak langsung Rp.20.000
berdasarkan data diatas maka besarnya NI adalah....
a.Rp.340.000 b.Rp.316.000 c.Rp.300.000
d.Rp.296.000 e.Rp.236.000
11.Diketahui data sbb:
-Sewa Rp.30.000
-Investasi Rp.25.000
-Bunga Rp.40.000
-Laba Rp.250.000
-Upah Rp.50.000
Dari data diatas besarnya pendapatan nasional dengan metode pendapatan adalah....
a.145.000 b.345.000 c.370.000
d.300.000 e.330.000
12.Untuk mengatasi ketimpangan distribusi pendapatan digunakan indikator...
a.GNP dan NI
b.GDP dan GNP
c.koefisien gini dan kriteria bank dunia
d.jumlah penduduk dan pekerjaannya
e.pendapatan nasional
13.Nilai koefesien gini yang menunjukkan tingkat ketimpangan yang tinggi pada distribusi pendapatan adalah...
a.>0,3 b.>0,4 c.0,3 - 0,9 d.0,4 - 0,5 e.>0,5
14.Indikator yang umum digunakan untuk mengukur distribusi pendapatan dalam suatu negara adalah...
a.GNP
b.per capita income
c.personal income
d.gini ratio
e.national income
15.Diketahui data sbb:
- PDB Rp.22.500
- pendapatan neto LN Rp.2.500
- peyusutan Rp.5.000
- pajak langsung Rp.15.000
Dari data diatas besarnya NNP adalah...
a.25.000 b.30.000 c.15.000
d.5.000 e.45.000
16.Dalam perhitungan pendapatan nasional dengan metode produksi yang di hitung adalah...
a.keuntungan b.harga pasar c.kerugian
d.bahan mentah e.harga barang jadi
17.Untuk menghitung pendapatan perkapita suatu negara maka....
a. Jumlah penduduk dibagi jumlah pendapatan
b.keuntungan dibagi jumlah penduduk
c.keuntungan dikurang kerugian
d.jumlah pendapatan dibagi jumlah penduduk
e. Jumlah investasi+konsumsi+laba
18.Bila negara x mempunyai data sbb:
NNI 313 juta,transper payment 25 juta,laba tak dibagi 19 juta,asuransi 11 juta,maka besarnya PI adalah....
a.338 juta b.349 juta c.368 juta
d.308 juta e .300 juta
19.Suatu negara mempunyai jumlah penduduk 204 (juta) dan PNB negara tersebut 130.600 (juta $),maka besarnya pendapatan perkapita negara tesebut adalah....
a.534 b.544 c.545 d.555 e.565
20.Balas jasa dari faktor produksi berupa modal adalah....
a.gaji b.laba c.sewa d.bunga e.kredit

19 Mei 2010

Soal Teori Kinetik Gas (Fisika)

1. UN 2010 Paket A dan B

Suatu gas ideal dalam tabung dirumuskan sebagai Ek = 3/2 KT, T menyatakan suhu mutlak dan Ek = menyatkan energy kinetic. Berdasarkan persamaan di atas…

a. Semakin tinggi suhu gas energi kinetik semakin kecil

b. Semakin tinggi suhu gas, gerak partikel semakin lambat

c. Semakin tinggi suhu gas, gerak partikel semakin cepat

d. Suhu gas berbanding terbalik dengan energy kinetic gas

e. Suhu gas tidak mempengaruhi gerak partikel gas

2. UN 2010 Paket A

Suatu gas ideal mula – mula menempati ruang yang volumenya V pada suhu T dan tekanan P. jika gas dipanaskan sehingga suhunya menjadi 3/2 T dan tekanan menjadi 4/3P, maka volume gas menjadi….

a. 9/5 V d. 4/3 V

b. 5/3 V e. 9/8 V

c. 3/2 V

3. UN 2010 Paket B

Suatu gas ideal mula – mula menempati ruang yang volumenya V pada suhu T dan tekanan P. jika gas dipanaskan sehingga suhunya menjadi 2 T dan tekanan menjadi 3/2P, maka volume gas menjadi….

a. ¾ V d. 2V

b. 4/3 V e. 3 V

c. 3/2 V

4. UN 2009 Paket A dan B

Gas ideal berada dalam ruang tertutup dengan V, tekanan P, dan suhu T. apabila volume mengalami perubahan menjadi ½ kali semuladan suhunya dinaikkan 4 kali semula, maka tekanan gas dalam system tersebut menjadi …..

a. 8 P d. ¼ P

b. 2 P E. 1/8 p

c. ½ P

5. UN 2009 Paket A dan B

Suatu gas ideal dengan tekanan P dan volume Vdalam ruang tertutup. Jika tekanan gas dalam ruang tersebut diturunkan menjadi ¼ kali semula pada volume tetap, maka perbandingan energy kinetiknya sesudah dan sebelum penurunan tekanan adalah…

a. 1 : 4 d. 4 : 1

b. 1 : 2 e. 5 : 1

c. 2 : 1

6. UN 2008 Paket A dan B

Sebanyak 3 liter gas Argon bersuhu 27OC pada tekanan 1 atm (1 atm = 105 Pa) berada di dalam tabung. Jika konstanta gas umum R=8,314 J m-1 K-1 dan banyaknya partikel dalam 1 mol gas 6,02 x 1023 partikel, maka banyak partikel gas Argon dalam tabung tersebut adalah….

A. 0,83 x 1023 partikel D. 0,22 x 1023 partikel

B. 0,72 x 1023 partikel E. 0,12 x 1023 partikel

C. 0,42 x 1023 partikel

7. Dalam ruang tertutup terdapat 800 milligram gas dengan tekanan 1 atm, kelajuan rata – rata partikel tersebut adalah 750 m/s. jika 1 atm = 105 N/m2, maka volume ruangan tersebut adalah…..

a. 1,5 x 10-3 m3 d. 1,5 x 10-2 m3

b. 2 x 10-3 m3 e. 6,7 x 10-2 m3

c. 6,7 x 10-3 m3

8. Suatu gas berada dalam ruang tertutup dengan volume 5 liter, dengan tekanan 1 atm dan suhu 870C. Bila volume dijadikan ½ nya dan suhunya diturunkan menjadi 270C, maka tekanan gas berubah menjadi

a. 5/3 kali d. 2/3 kali

b. 3/2 kali e. 2/5 kali

c. ¾ kali

9. 16 gram gas oksigen (Ar = 16) menempati ruang 5 liter pada tekanan 2 atm. Temperatur gas tersebut adalah (R = 0,0821 liter.atm/mol)…….

a. 60,4 K d. 306,8 K

b. 84,5 K e. 1223,6 K

c. 243,6 K

10. Jika konstanta Boltzman =1,38x10-23 J/K,maka energi kinetik sebuah atom helium pada suhu 27o C adalah ... Joule

a. 5,25 x 10-21

b. 6,21 x 10-21

c. 7,21 x 10-21

d. 7,35 x 10-21

e. 7,55 x 10-21

11. Suhu dalam ruangan tertutup adalah 27 K. Jika energi kinetik partikel gas diubah menjadi 9 kali semula, maka suhu ruangan menjadi ... ..

a. 40 K d. 243 K

b. 81 K e. 363 K

c. 180 K

12. Energi kinetik translasi rata-rata molekul gas pada suhu 37 oC adalah ... .

a. 3,32 x 10-21 joule

b. 4,52 x 10-21 joule

c. 4,32 x 10-21 joule

d. 5,82 x 10-21 joule

e. 6,42 x 10-21 joule

13. Suatu gas ideal dalam ruang tertutup suhunya 370C, energi kinetik partikelnya Ek. Apabila energi kinetiknya dijadikan 2 Ek maka suhu gas menjadi….

a. 37 0C d. 347 0C

b. 64 0C e. 620 0C

c. 310 0C

Album SMAN Unggul Subulussalam